Sekolah Kedinasan merupakan Sekolah Program Pemerintah yang dikhususkan bagi anak-anak jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Program ini sudah berjalan 2 Tahun yaitu tahun 2019 dan Tahun sekarang yaitu Tahun 2021. Bagi Siswa yang lulus Sekolah Kedinasan akan diangkat menjadi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) secara otomatis.
Pemerintah melalui Badan Kepegawain Negara (BKN) menjelaskan bahwa Sekolah Kedinasan adalah Kumpulan sekolah-sekolah atau Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai Lembaga Pemerintahan sebagai penyelenggara Pendidikan.
Oleh karena peserta yang lolos ke Perguruan tinggi tersebut, maka pendaftaran Sekolah Kedinasan harus melalui Portal BKN.
Ada 8 sekolah kedinasan yang saat ini bisa dituju untuk mejadi Mahasiswa yang nantinya setelah lulus akan diangkat menjadi CPNS, yaitu :
- Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN);
- Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN);
- Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS);
- Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN);
- Sekolah Tinggi Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (STMKG);
- Poltek SSN (Badan Siber dan Sandi Negara)
- Sekolah Kedinasan di bawah Kementrian Perhubungan (Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang, Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Politeknik Pelayaran Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Politeknik Pelayaran Banten, Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, Politeknik Pelayaran Barombong, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan Makassar, Politeknik Penerbangan Medan, Politeknik Penerbangan Surabaya, Politeknik Penerbangan Jayapura);
- Sekolah Kedinasan dibawah kementerian Hukum dna HAM, yaitu Politeknik Permasyarakatan dan Politeknik imigrasi.
- Pelamar mengakses portal SSCASN yang ada dialamat : https://sscasn.bkn.go.id;
- Membuat akun sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun;
- Lagin ke SSCAN sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan Password yang telah di daftarkan;
- Upload Swafoto, memilih sekolah kedinasan, melengkapi nilai, upload berkas dan melengkapi biodata.
- Pelamar mengecek Resume dan mencetak Kartu Pendaftaran;
- Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk;
- Pelamar Login ke SSCN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi;
- Apabila lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing pembayaran dengan mengecek informasi pembayaran di sekolah kedinasan terkait;
- Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem; dan
- Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh PANSELNAS sekolah kedinasan di SSCN.
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah
- Rapor SMA/ Sederajat
- Pas Poto
- Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang dilamar.
- Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
- Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuatakun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
- Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
- Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
- Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masingmasing sekolah kedinasan
- Pelamar memasukkan Nilai
- Pelamar melengkapi Biodata
- Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
- Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
- Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
- Pelamar mengecek hasil verifikasi
- Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
- Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
- Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
- Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
- Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.
terima kasih informasinya.
BalasHapus