MITRA SIPLAH MASTERDOY STORE ONLINE

Sabtu, 03 April 2021

SEKOLAH KEDINASAN DAN ALUR PENDAFTARANNYA


Sekolah Kedinasan merupakan Sekolah Program Pemerintah yang dikhususkan bagi anak-anak jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Program ini sudah berjalan 2 Tahun yaitu tahun 2019 dan Tahun sekarang yaitu Tahun 2021. Bagi Siswa yang lulus Sekolah Kedinasan akan diangkat menjadi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) secara otomatis.

Pemerintah melalui Badan Kepegawain Negara (BKN) menjelaskan bahwa Sekolah Kedinasan adalah Kumpulan sekolah-sekolah atau Perguruan Tinggi (PT) yang memiliki ikatan dinas dengan berbagai Lembaga Pemerintahan sebagai penyelenggara Pendidikan.

Oleh karena peserta yang lolos ke Perguruan tinggi tersebut, maka pendaftaran Sekolah Kedinasan harus melalui Portal BKN.

Ada 8 sekolah kedinasan yang saat ini bisa dituju untuk mejadi Mahasiswa yang nantinya setelah lulus akan diangkat menjadi CPNS, yaitu :

  1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN);
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN);
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS);
  4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN);
  5. Sekolah Tinggi Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (STMKG);
  6. Poltek SSN (Badan Siber dan Sandi Negara)
  7. Sekolah Kedinasan di bawah Kementrian Perhubungan (Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang, Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Politeknik Pelayaran Surabaya, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Politeknik Pelayaran Banten, Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh, Politeknik Pelayaran Barombong, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan Makassar, Politeknik Penerbangan Medan, Politeknik Penerbangan Surabaya, Politeknik Penerbangan Jayapura);
  8. Sekolah Kedinasan dibawah kementerian Hukum dna HAM, yaitu Politeknik Permasyarakatan dan Politeknik imigrasi.
Itulah sekolah-sekolah kedinasan yang bekerjasama dengan Pemerintah. Oleh Karena itu jangan sampai adik-adik SMA dan sederajat salah sekolah kedinasan.

untuk mendaftar ke Sekolah Kedinasan harus mengetahui Alur-alurnya, yaitu :
  1. Pelamar mengakses portal SSCASN yang ada dialamat : https://sscasn.bkn.go.id;
  2. Membuat akun sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun;
  3. Lagin ke SSCAN sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan Password yang telah di daftarkan;
  4. Upload Swafoto, memilih sekolah kedinasan, melengkapi nilai, upload berkas dan melengkapi biodata.
  5. Pelamar mengecek Resume dan mencetak Kartu Pendaftaran;
  6. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk;
  7. Pelamar Login ke SSCN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi;
  8. Apabila lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing pembayaran dengan mengecek informasi pembayaran di sekolah kedinasan terkait;
  9. Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem; dan
  10. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh PANSELNAS sekolah kedinasan di SSCN.


Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam pendaftaran Sekolah Kedinasan :
 
Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah
kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang
berbeda.  
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumendokumen
yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA/ Sederajat
  5. Pas Poto
  6. Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang dilamar.
Setelah mempersiapkan dokumen, langkah selanjutnya adalah melamar, inilah tatacaranya :
  1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat:  https://sscasn.bkn.go.id 
  2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuatakun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id 
  3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
  5. Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masingmasing sekolah kedinasan
  6. Pelamar memasukkan Nilai
  7. Pelamar melengkapi Biodata
  8. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
  9. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
  10. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
  11. Pelamar mengecek hasil verifikasi
  12. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
  13. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya  akan mendapatkan Kartu Ujian
  14. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
  15. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
  16. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.
Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi : https://dikdin.bkn.go.id 

1 komentar:

terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

UNGGULAN :

DATA KEADAAN PTK PER OKTOBER 2023

Assalaamu'alaikum, wr.wb. Mohon maaf rekan-rekan operator sekolah yang kami hormati, semoga selalu dalam keadaan sehat, selalu dalam lin...

POPULAR :